ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Mira Juliya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.400

Keywords:

motivasi, problematika, pembelajaran, daring, covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya
terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur atau kepustakaan dengan
menggunakan sumber data sekunder yang dikumpulkan melalui buku teks, e-book, jurnal ilmiah, berita dan lain
sebagainya. Pengujian validitas data menggunakan tahapan yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran
daring dialami baik oleh guru maupun siswa dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Beberapa
problematika pembelajaran daring diantaranya keterbatasan penguasaan teknologi, kesulitan mengakses jaringan
internet, ketiadaan fasilitas penunjang belajar, dan kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif.
Problematika pembelajaran daring tersebut dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa, yaitu jika dilihat dari
unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar. Solusi dalam mengatasi problematika yang dapat
mempengaruhi motivasi belajar ini diantaranya peningkatan kompetensi guru, penggunaan metode pembelajaran
yang efektif, pemberian bantuan kuota internet dari kemdikbud, dan kolaborasi antara guru dan orang tua siswa.

Downloads

Published

2021-01-29