MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS X-IPA 11 MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2018/2019

Laili Rahmaini Hasibuan

Abstract


Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif karena penelitian ini mengkaji penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak untuk membantu siswa kelas X-IPA 11 Man 2 Model Medan pada kompetensi memahami pengertian dan  pentingnya menghindari licik, tamak, zalim dan diskriminasi. Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes pemahaman siswa pada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 71,80%, angka tersebut termasuk kualifikasi sedang/cukup  (55 ≤ C ≤ 75) demikian pula ketuntasan belajar juga belum mencapai 75 % karena masih mencapai angka 50 %. Belum memiliki kategori baik. Sedangkan pada siklus II pemahaman siswa pada Pengertian dan pentingnya menjauhi sifat licik, tamak, zalim dan diskriminasi di MAN 2 Model Medan kelas X-IPA 11 pada siklus II dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 86,80%, maka angka tersebut kualifikasi baik, dalam kategori  intervalnya  (75 ≤ B  ≤ 90).  Demikian pula ketuntasan  belajar  telah  mencapai 75 %  karena mencapai angka 88,80 % telah memiliki kategori baik.

Full Text:

PDF

References


Astutik, D. (2013). Pengaruh Minat Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Angkatan 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rusydi, I. (2018). Pengaruh Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Hubungannya Dengan Akhlak Siswa Di Sekolah (Penelitian Di Mts Al-Ghozali Kab. Indramayu). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 133-140.

Subroto, Suryo. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.