PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDIT NURUL ‘ILMI

Authors

  • Nila Lestari FKIP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Al-Washliyah Medan
  • Nurmairina FKIP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i2.379

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, menulis narasi, siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa melalui Model Pembelajaran  Berbasis Masalah pada siswa kelas IV SDIT Nurul‘Ilmi kota Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas  IV SDIT Nurul‘Ilmi kota Medan. Data tentang kemampuan menulis narasi ini dikumpulkan dengan tes dan aktivitas guru serta siswa melalui lembar observasi siswa kelas IV SDIT Nurul ‘Ilmi. Berdasarkan data yang diperoleh, dilihat dari hasil belajar menulis narasi. Hasil nilai rata – rata  siswa pada siklus I sebesar  65,71 dan nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar  85,04, secara persentase ketuntasan klasikal pada siklus 1 adalah 33,33% dan persentase ketuntasan klasikal pada siklus 2 adalah 80,95%. Berdasarkan data ketuntasan klasikal  siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan hasil menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yaitu sebanyak 47,62%. Respon siswa terhadap pembelajaran menulis karangan narasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah sangat positif. Hal ini dapat didukung oleh data observasi aktivitas belajar siswa, dan catatan lapangan saat pembelajaran model Pembelajaran Berbasis Masalah, siswa menyatakan sangat senang mengikuti pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah.

Downloads

Published

2020-07-30