Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Six Thinking Hats untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar

Authors

  • Khairina Ulfa Syaimi FKIP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Al-Washliyah Medan
  • San Putra FKIP Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i2.378

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Six thingking hats, Kejenuhan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok degan menggunakan teknik six thingking hats untuk mengatasi kejenuhan belajar pada siswa SMP IT Nurul Ilmi Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan between-groups design model pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen menerima perlakuan berupa 7 sesi, yang diselenggarakan 1 kali dalam 1 hari. Kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan apapun. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP IT Nurul Ilmi Kota Medan.

Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa dengan skor kejenuhan belajar yang tinggi yang terdiri dari 10 orang kelompok ekperimen dan 10 orang kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen kejenuhan belajar dengan empat pilihan dalam skala likert.

Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan mean empiris untuk melihat rata-rata skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Wilcoxon signed rank test, dengan membandingkan gain score dari posttest dan pretest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Downloads

Published

2020-07-30