PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BOYOLALI

Authors

  • Rizqi Nur Astuti Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga 50711, Jawa Tengah-Indonesia
  • Umbu Tagela Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga 50711, Jawa Tengah-Indonesia
  • Setyorini Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga 50711, Jawa Tengah-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i2.377

Keywords:

Bimbingan Belajar, Pemahaman Gaya Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 240 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalaah teknik random sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Angket bimbingan belajar disusun berdasarkan teori W.S. Wingkel (2004) dan angket pemahaman gaya belajar Nugroho (2007) yang dikembangkan oleh Rizqi Nur Astuti (Penulis). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS for Windows 20.0 Version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesarĀ  (5,830) > t tabel (1,977), R = 0,442, koefisien determinasi R Square = 0,195 dan signifikansi 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Maka artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Boyolali.

Downloads

Published

2020-07-30