GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN, DAN SOLUSI (STUDI KASUS DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA)

Authors

  • Indi Rizka Aisyi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • M Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dewi Widiana Rahayu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i2.376

Keywords:

gerakan literasi sekolah, pelaksanaan, hambatan, solusi.

Abstract

Tujuan dari penelitaian ini adalah untuk mendeskripsikan gerakan literasi sekolah di sekolah SD Ghufron Faqih Surabaya. Penelitaian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas SD Ghufron Faqih. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara  dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan gerakan literasi sekolah di SD Ghufron Faqih memiliki tiga tahapan yaitu tahapan pembiasaan, tahapan pengembangan, dan tahapan pengembangan, setiap tahapan pelaksanaan memiliki hambatan dan solusi masing-masing.  Gerakan literasi sekolah yang ada di SD Ghufron Faqih juga sangat berperan dalam meningkatkan minat membaca dan meningkatkan kualitas prestasi peserta didik.

Downloads

Published

2020-07-30