HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PRAKTIKUM RANGKAIAN SERI PARAREL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Authors

  • Mila Nurfaniyah Mila Nurfaniyah Mahasiswa
  • Saidah Intan Kurnia Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Naila Dewi Urfah Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Sudarti Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember
  • Subiki Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.373

Abstract

Upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana dan pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya adalah makna dari pendidikan. Dalam learningiang terdapat minat belajar yang merupakan aspek yang mempengaruhi setiap individu dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan praktikum mahasiswa pendidikan fisika pada materi deret paralel. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jember angkatan 2022. Penelitian ini menggunakan teknik angket dalam pengumpulan data. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari minat belajar sebagai variabel bebas (X) dan kemampuan memahami praktikum sebagai variabel terikat (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara meminta belajar dengan hasil kemampuan praktikum siswa pada materi deret paralel.

 

Downloads

Published

2023-06-13