PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI POKOK EXPRESSIONS OF STATING INTENTION AND PLAN PADA SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 KAWAY XVI

Authors

  • Elfi Dawiyah SMA Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat, Indonesia

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Keterampilan Menulis, Pemelajar BIPA UNESA, Aplikasi Mondly

Abstract

 

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas X Mia 1 Semester genap SMA Negeri 1 Kaway xvi Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data yang digunakan terdiri instrumen pembelajaran, tes formatif serta instrumen observasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek yang di teliti adalah siswa kelas X Mia 1 SMA Negeri  1 Kaway XVI yang terdiri dari 21 siswa laki – laki dan 19 siswa perempuan dengan jumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebelum perbaikan pembelajaran siswa yang tuntas KKM (65) dalam pembelajaran IPA hanya 16 siswa (39%) dari 40 siswa. Pada perbaikan pembelajaran siklus I siswa yang tuntas KKM meningkat menjadi 38 siswa (95%) dari 38 siswa. Dan pada perbaikan pembelajaran siklus II siswa yang tuntas KKM meningkat lagi menjadi 38 siswa (100%) dari 40  siswa. Jadi penerapan pendekatan pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris materi pokok Expressions of Stating Intention and Plan siswa kelas X  Mia 1 Semester 1 SMA Negeri 1 Kaway XVI  Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2023-09-25