PENGGUNAAN FILM ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN TERPADU TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.367Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran review dari penelitian yang sudah ada tentang bagaimana penggunaan film animasi dalam pembelajaran terpadu terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa sekolah dasar. Pendekatan kajian pustaka dipadukan dengan metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini. Diawali dengan pengumpulan artikel, reduksi artikel, pemaparan artikel, pembahasan, dan penarikan kesimpulan, dilakukan tahapan penelitian. Artikel yang dipublikasikan di jurnal nasional selama tujuh tahun terakhir (2019-2022) menjadi sumber data penelitian. Dari 15 artikel, 13 artikel ditemukan sesuai dengan judul topik, menurut temuan. Di sekolah dasar, penggunaan film animasi dalam pembelajaran terpadu terhadap keterampilan menyimak dan berbicara siswa sekolah dasar dapat membantu siswa belajar lebih banyak dan mencapai hasil akademik yang lebih baik.