IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERDASARKAN ASPEK KESIAPAN BELAJAR MURID DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Dian Fitriani 4Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten Indonesia
  • Fatihatunnisa Ridha Rahman Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten Indonesia
  • Anti Dhamayanti Fauzi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten Indonesia
  • Anisa Umu Salamah Pendidikan Profesi Guru, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten Indonesia
  • Asep Saefullah Pendidikan Fisika, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.358

Keywords:

Pembelajaran diferensiasi, kebutuhan belajar, kesiapan belajar, profil murid, minat

Abstract

Perbedaan karakteristik murid menjadi sebuah tantangan bagi guru untuk
menentukan suatu metode dan pendekatan yang akan digunakan dalam
pembelajaran guna memfasilitasi kebutuhan belajar dari murid, yang terdiri
dari kesiapan belajar, profil murid, dan minat. Pembelajaran diferensiasi
menjadi salah satu upaya yang dapat menunjang kebutuhan belajar yang
beragam dari murid di kelas. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui
dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan implementasi pembelajaran
diferensiasi berdasarkan tingkat kesiapan belajar murid. Metode yang dipakai
dalam penelitian adalah metode deskriftif analitis melalui pendekatan kualitatif.
Data dikumpulkan dari hasil observasi di kelas selama kegiatan belajar. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan
kesiapan belajar dapat berdampak positif pada diri murid dan guru, yaitu (1)
Setiap murid mengikuti pembelajaran dengan baik; (2) Rasa percaya diri dan
motivasi murid meningkat berakibat murid berperan aktif dalam belajar; (3)
Guru termotimasi untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengajar.

Downloads

Published

2023-06-01