HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI LI (LISTRIK INDUSTRI) SMK SARASWATI SALATIGA

Khori Wahyu, Tritjahjo Danny S, Setyorini Setyorini

Abstract


setyorini@staff.uksw.edu

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan di SMK Saraswati Salatiga khususnya kelas XI, LI (Listrik Industri). Pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga yang berjumlah 90 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara  intensitas layanan informasi dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala layanan informasi mengacu pada teori Depdiknas (2007) dan skala kedisiplinan belajar yang disusun oleh Putri Purwandi (2017) yang mengacu pada teori Tu’u (2004). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kendall’s Tau-b dengan menggunakan program SPSS for windows release 20.0. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas layanan informasi dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga dengan hasil (r) sebesar 0,434 dan p = 0,000 (p < 0,05) maka hubungan kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Dengandemikian, hipotesis peneliti “Ada hubungan yang signifikan antara intensitas layanan informasi dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI LI SMK Saraswati Salatiga”.

 

 

Kata Kunci : Intensitas Layanan Informasi , Kedisiplinan Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aslianda, Zainidar dkk. 2017. Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 8 Banda Aceh. (Online). Volume 2. No. 1, 2017.

Budiono, Pengertian Kedisiplinan. http://repository.usu.ac..id.

Depdiknas, 2007.Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan Dalam Jalur Pendidikan Formas. Jakarta: Direktoat Jendral Pendidikan Tinggi.

Firman, Dany Ade. 2016. Hubungan Antara Layanan Informasi Bimbingan Pribadi Dengan Kedisiplinan Dengan Mengikuti Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pajangan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: FKIP PGRI Yogyakarta.

Purwandi, Putri. 2017. Peningkatan Kedisiplinan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Siswa Kelas X Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Salatiga. Skripsi. Salatiga: FKIP BK UKSW.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Displin Pada Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan Dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yuniar, G. S. & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan antara Intensitas Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook dengan Pengungkapan Diri (Self Disclosure) pada siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 26 Surabaya. Character, 02, pp. 78-84


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.