PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Authors

  • Ariska Juwita Wijaya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya JakartaKM.4, Panancangan, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42124
  • Heni Pujiastuti Dosen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jl. Raya JakartaKM.4, Panancangan, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42124

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i2.270

Keywords:

Pendekatan Open-Ended, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematik pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020 di SMPN 4 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 orang siswa untuk kelas kontol. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf kesalahan sebesar α = 0,05, diperoleh thitung > ttabel (1,917 > 1,665), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan dikelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol 46.

Downloads

Published

2020-07-31