KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI MODEL PACE (PROJECT ACTIVITY COOPERATIVE EXERCISE) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POLEWALI

Authors

  • Muhammad Assaibin Prodi Pendidikan Matematika Universitas Al Asyariah Mandar
  • Wahyuddin Prodi Pendidikan Matematika Universitas Al Asyariah Mandar
  • Riska Husain Prodi Pendidikan Matematika Universitas Al Asyariah Mandar

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i2.262

Keywords:

Model PACE, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Komunikasi Matematika.

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adakah Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif
dan Komunikasi Matematis melalui Model PACE (Project Activity Cooperative Exercise)siswa kelas VIII smp
negeri 1 polewali. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis, lembar aktivitas siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil analisis statistik, nilai rata-rata pretest pada
kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen yaitu 35,45 dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol yaitu 37,17. Sedangkan
nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 83,92 dan kelas kontrol 74,87. Dilihat dari aktivitas siswa
diperoleh rata-rata persentase 94,15%. . Dari
hasil analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial disimpulkan bahwa ada perbedaan Kemampuan Berpikir
Kreatif dan Komunikasi Matematis melalui Model PACE (Project Activity Cooperative Exercise)kelas VIII
SMP Negeri 1 Polewali.

Downloads

Published

2020-07-31