Peran Kecerdasan Spiritual dan Model Pembelajaran Terhadap Literasi Lingkungan Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v13i1.258Keywords:
kecerdasan spiritual, model pembelajaran, literasi lingkungan mahasiswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi lingkungan
mahasiswa dan model pembelajaran ditinjau dari kecerdasan spiritual (SQ) pada
pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Populasi merupakan
mahasiswa semester 5 yang mengambil mata kuliah Pendidikan Lingkungan
Hidup (PLH) dengan sampel 40 orang dari 2 kelas perlakuan. Penelitian ini
merupakaan penelitian kuasi eksperimen dengan teknik analisis anova 2 arah
(treatment by level). Treatment berupa perkuliahan yang dilakukan secara online
dengan dua model model pembelajaran yaitu, model pembelajaran Chalenge Based
Learning (CBL) dan model pembelajaran dengan ekspositori. Sedangkan untul
veriabel level diambil dari kuesionare kecerdasan spiritual. Dari hasil penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap literasi
lingkungan, kecerdasan spiritual juga mempengaruhi literasi lingkungan, namun
tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan spiritual terhadap
literasi lingkungan mahasiswa.