KOMIK BANGUN DATAR UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Authors

  • Nurmitasari Nurmitasari Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia
  • Siti Rahayu Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia
  • Rahman Cahyadi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia
  • Tegar Ilham Syahputra Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i1.257

Keywords:

Komik Bangun Datar, Inovasi Pembelajaran, Matematika, Model Pengembangan 4-D

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran sebagai
inovasi dalam pembelajaran matematika dalam bentuk komik bangun datar yang layak
digunakan pada kelas IV SD N 1 Gadingrejo Jenis Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dengan langkah-langkah model pengembangan 4-D yaitu: Define
(pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate
(Penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop yaitu
penilaian ahli. Hasil penelitian ini adalah rata-rata skor yang diperoleh dari ahli media
adalah 4,5 yang menunjukkan dalam kategori sangat baik dan rata-rata skor yang
diperoleh dari ahli materi adalah 4,68 yang menunjukkan kategori sangat baik.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah media pembelajaran komik bangun datar sebagai
inovasi pembelajaran matematika layak untuk digunakan pada kelas IV SD

Downloads

Published

2022-01-31