KOMIK BANGUN DATAR UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v13i1.257Keywords:
Komik Bangun Datar, Inovasi Pembelajaran, Matematika, Model Pengembangan 4-DAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran sebagai
inovasi dalam pembelajaran matematika dalam bentuk komik bangun datar yang layak
digunakan pada kelas IV SD N 1 Gadingrejo Jenis Penelitian ini adalah penelitian
pengembangan dengan langkah-langkah model pengembangan 4-D yaitu: Define
(pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate
(Penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop yaitu
penilaian ahli. Hasil penelitian ini adalah rata-rata skor yang diperoleh dari ahli media
adalah 4,5 yang menunjukkan dalam kategori sangat baik dan rata-rata skor yang
diperoleh dari ahli materi adalah 4,68 yang menunjukkan kategori sangat baik.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah media pembelajaran komik bangun datar sebagai
inovasi pembelajaran matematika layak untuk digunakan pada kelas IV SD