PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI MIS NURUL FALAH

Authors

  • Tb. Endayani 2Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh
  • Armanisah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Teungku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i1.256

Keywords:

keterampilan guru, pengelolaan kelas, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar IPS
siswa kelas IV di MIS Nurul Falah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
data yang terkumpul dalam penelitian ini dapat dianalisis dengan menggunakan analisis
statistik. Populasi penelitian siswa kelas IV MIS Nurul Falah sebanyak 42 siswa, yang
terbagi menjadi dua yaitu kelas IVA terdiri dari 21 siswa dan kelas IVB terdiri dari 21
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik
dengan menggunakan metode one group pretest dan postest design dengan instrumen
penelitian menggunakan tes dan lembar angket. Kriteria kualitas tes menggunakan daya
beda butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan cara
membandingkan nilai rerata prestasi belajar IPS dari kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara kelompok
eksperimen dan kontrol di mana nilai rerata kelompok eksperimen lebih tinggi
daripada kelompok kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rerata pada kelompok
eksperimen sebesar rerata pretest 74,8 dan rerata postest 82,7 lebih tinggi dibandingkan
dengan kelompok kontrol sebesar rerata pretest 71 dan rerata postest 72,4 dan berdasarkan
hasil respon siswa kelompok eksperimen sebesar 86% dan kelompok kontrol 76% dan nilai
N-Gain kelompok eksperimen terdapat yang rendahnya 57% dan terdapat perbedaan nilai
pada kelompok kontrol nilai rendah sebesar 76% dan sedang sebesar 23%

Downloads

Published

2022-01-31