PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI PADA MATERI ORGAN PADA TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN ANTARA METODE AUDIO VISUAL DENGAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEUREUBO

Authors

  • Syah Mohd Hadiid Thaariq STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meurebo Kab. Aceh Barat 23615

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.240

Keywords:

Peningkatan minat, Hasil belajar, Aktivitas siswa, Pembelajaran Model STAD dan Metode Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi organ pada tumbuhan dengan menerapkan dua sistem pembelajaran yaitu metode Audio Visual dengan Model STAD pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Meureubo. Objek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII5 menggunakan penerapan model STAD dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang dan kelas VIII4 menggunakan penerapan metode Audio Visual dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Pada siklus pertama pada penerapan kedua model pembelajaran ini sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar menggunakan kedua model tersebut sehingga hasil ketuntasan belajar siswa masih tergolong rendah yaitu 35,71% untuk penerapan metode Audio Visual dan 26,92% untuk model STAD. Dalam siklus kedua siswa sudah mulai memahami implementasi pembelajaran Metode Audio Visual maupun menggunakan Model STAD dan menunjukkan hasil yang mulai terjadi peningkatan. Pada siklus kedua pembelajaran Metode Audio Visual terjadi peningkatan sebesar 25% dari siklus pertama sedangkan pada pembelajaran menggunakan model STAD terjadi peningkatan sebesar 34,62% dari siklus pertama. Pada siklus ketiga pembelajaran Metode Audio Visual terjadi peningkatan sebesar 28,58% dari siklus kedua dan untuk pembelajaran menggunakan Model STAD terjadi peningkatan sebesar 23,08% dari siklus kedua. Dari hal pelaksanaan siklus pertama, kedua dan ketiga dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa jika dilihat dari nilai tes akhir terjadi peningkatan baik menggunakan metode STAD maupun Metode Audio Visual, sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa yang mendekati nilai sempurna terjadi pada metode Audio Visual yaitu 89,29%.

Downloads

Published

2020-01-31