EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI KELAS III SD NEGERI 045957 SUKA

Authors

  • Kidah Malem Br Ginting SD NEGERI 045957 SUKA

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.228

Keywords:

Think-Pair-Share, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas
belajar siswa. Adapun metode pemecahan masalah dalam penelitian ini yakni
dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Adapun
hasil penelitian yakni: 1) Hasil belajar siswa dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siklus I menunjukkan 6 orang siswa tuntas
secara individu, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada siklus II menunjukkan 13
siswa tuntas secara individu dan kelas tuntas secara klasikal dengan rata -rata
siklus I dan siklus II adalah 66,67 dan 81.33 dengan persentase ketuntasan klasikal
adalah 40% pada siklus I dan 87% pada siklus II. Ketuntasan yang terjadi pada
siklus I dan siklus II terlihat jelas pada siswa kelas III saat pembelajaran siswa aktif
dan siswa memahami materi yang disampaikan oleh peneliti sehingga saat peneliti
memberikan soal formatif siswa mampu menjawab soal tersebut dengan benar.
Begitu juga dengan afektif dan psikomotorik siswa yang mengalami peningkatan.
Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa terlihat jelas saat siswa diskusi
dalam kelompok sangat aktif dan mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan
antusias. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa sudah mulai terbiasa dengan
penerapan model pembelajaran TPS sehingga saat proses pembelajaran siswa
tampak aktif dan bersemangat.

Downloads

Published

2021-07-31