EFEKTIFITAS PENGGUNAAN E-MODUL MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN

Authors

  • Khusnatul Amaliah Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Nurul Huda, Indonesia
  • M. Frans Diantoro Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Nurul Huda, Indonesia
  • Sahrul Alan Setiawan Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Nurul Huda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.226

Keywords:

Administrasi Infrastruktur Jaringan, E-Modul, Efektifitas

Abstract

Bahan ajar yang menarik merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk
membuat siswa fokus dalam proses pembelajaran. E-modul menjadi salah satu media
yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa kapanpun dan dimanapun tanpa
jaringan internet. Kelengkapan materi yang disajikan dengan adanya teks, gambar dan
video tutorial yang dapat diakses secara offline dapat mempermudah siswa untuk
mengakses materi tanpa harus terbatas waktu. Matapelajaran Administrasi Infrastruktur
Jaringan yang menjadi salah satu matapelajaran produktif pada SMK jurusan Teknologi
Komputer dan Jaringan perlu menerapkan pembelajaran matapelakaran produktif
dilakukan dengan metode praktikum untuk memberikan pemahaman lebih pada siswa.
Proses belajar yang dilakukan secara daring saat ini dapat dibantu dengan penggunaan
E-modul yang merupakan salah satu solusi penerapan teknologi yang dapat digunakan
pada pembelajaran mandiri.

Downloads

Published

2021-07-31