ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON

Authors

  • Dazrullisa STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Khairil Hadi STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.225

Keywords:

Kesalahan Siswa, Menyelesaikan Soal Matematika, Persamaan Linier Satu Variabel, Kriteria Watson

Abstract

Siswa kelas X SMA Negeri 1 Seunagan mengalami kesulitan saat mengerjakan
soal–soal matematika yang dijelaskan oleh guru matematika di sekolahan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab
kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 1 Seunagan dalam menyelesaikan soal
matematika materi persamaan linier satu variabel. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi. Dari delapan kriteria watson peneliti hanya
mendeskripsikan tiga indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis
kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 1 Seunagan dalam menyelesaikan soal
matematika materi persamaan linier satu variabel berdasarkan kriteria Watson
adalah pada data tidak tepat, ada 15 orang siswa belum dapat menyelesaikan
soal tentang definisi dari nilai mutlak, tidak memahami tentang cara mengubah
nilai mutlak, siswa menggunakan nilai yang tidak sesuai dalam proses
penyelesaian dan siswa lupa harus menggunakan rumus yang sesuai dalam
penyelesaian soal. Pada prosedur tidak tepat, ada 12 orang siswa yang
melakukan kesalahan dikarenakan siswa tidak melakukan proses penyelesaian
soal dengan tepat karena langsung menuliskan hasil jawaban, kurang teliti
dalam menjawab soal dan kurangnya kemampuan dalam operasi aljabar. Pada
data hilang, ada 17 orang siswa yang melakukan kesalahan disebabkan karena
siswa tidak memahami maksud dari soal yang diberikan. Faktor penyebab
kesalahan siswa kelas X SMA Negeri 1 Seunagan dalam menyelesaikan soal
matematika materi persamaan linier satu variabel dikarenakan siswa tidak dan
susah memahami soal yang diberikan oleh guru, siswa tidak fokus saat belajar
dan sering tidak memperhatikan nilai yang akan di selesaikan dan siswa belum
memahami konsep dari definisi nilai mutlak dari materi sistem linear satu
variabel.

Downloads

Published

2021-07-31