MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS X-IPA 11 MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2018/2019

Authors

  • Fetro Dola Syamsu Dosen Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.222

Keywords:

LKPD, Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:  (1) Pengembangan  LKPD berorientasi model discovery learning yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa; (2) Mengetahui kualitas dari segi tingkat validitas dan efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pokok bahasan sel kelas XI Mia 2 SMA Negeri 1 Meureubo. Model Dsicovery Learning diintegrasikan dalam Lembar Kerja Peserta Didik umtuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Mia 2 SMA Negeri 1 Meurebo. Instrument penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah instrument pengujian kevalidan berupa angket dan instrument pengujian keefektivan berupa angket respon peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data.Berdasarkan uji coba kevalidan LKPD yang dikembangkan berada pada kategori valid. Peseta didik juga memberikan respon positif terhadap LKPD yang dikembangkan. Hal ini menandakan bahwa LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh  dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif sehingga bisa dikatakan layak untuk digunakan.

Downloads

Published

2020-01-31