EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Fajrul Wahdi Ginting Dosen Pendidikan Fisika Universitas Malikussaleh, Jl. Cot Tengku Nie Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara 24355

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.220

Keywords:

inquiry training, direct instruction, media PhET, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET; kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran direct instruction; dan  perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET  dan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-A dan kelas VIII-D, dimana kelas VIII-A diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dan kelas VIII-D dengan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis berupa tes essay dan tes pilihan berganda. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction.

Downloads

Published

2020-01-31