ANALISIS DAMPAK NEGATIF KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS TINGGI SD NEGERI UJONG TANJONG

Authors

  • Puji Meutia STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat
  • Febry Fahreza STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat
  • Arief Aulia Rahman STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Jl. Nasional Meulaboh-Tapaktuan Peunaga Cut Ujong Kec. Meureubo Kab. Aceh Barat

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v11i1.219

Keywords:

Dampak Negatif, Kecanduan, Bermain Game Online, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan, 1) untuk mendeskripsikan apakah kecanduan bermain game online dapat berdampak negatif terhadap minat belajar siswa SD Negeri Ujong Tanjong di kelas tinggi 2) untuk mendeskripsikan apa saja penyebab siswa Sd Negeri Ujong Tanjong kelas tinggi kecanduan bermain game online, 3) untuk mendeskripsikan bagaimana solusi menghadapi siswa yang kecanduan bermain game online sehingga mempengaruhi minat belajar pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SD negeri Ujong Tanjong dengan 24 orang siswa dari kelas tinggi masing-masing responden 8 siswa dari kelas IV, V dan VI. Guru kelas IV, V dan VI dan orang tua siswa sebanyak 7 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara guru kelas tinggi dan orang tua siswa serta pembagian angket respon siswa. Keabsahan data akan dilakukan dengan cara triangulasi sumber, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan untuk mengetahui hasilnya. Teknis analisis data terdiri atas sajian data, redukasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi siswa kecanduan bermain game online adalah orang tua, lingkungan, pergaulan, gadget dan internet, yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Cara yang harus dilakukan untuk mengurangi kecanduan bermain game online pada anak yaitu memberi waktu-waktu tertentu untuk bermain dan belajar, kontrol orang tua dan mengurangi penyediaan akses internet pada siswa.

Downloads

Published

2020-01-31