BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Mardhatillah STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Verawati STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Evi Evianti Universitas Negeri Medan
  • Isda Pramuniati Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v10i1.21

Keywords:

Bahan ajar interaktif, pendekatan saintifik, kearifan lokal Aceh

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar bahasa Inggris interaktif berbasis kearifan lokal
melalui pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa SMP di Aceh Besar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development. Model pengembangan produk
pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan
memenuhi karakreristik siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang telah dilakukan (1) Hasil analisis bahan ajar
bahasa Inggris menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut merujuk pada standar BSNP (Badan Standar Nasional
Pendidikan) dengan nilai rata-rata 2,87 artinya layak untuk digunakan namun perlu untuk dikembangkan, (2)
Hasil analisis bahan ajar bahasa Inggris yang dikembangkan merujuk pada standar BSNP dengan nilai rata-rata
3,68 artinya sangat layak untuk dipergunakan, (3) Tanggapan guru bahasa Inggris terhadap bahan ajar bahasa
Inggris yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata 3,73 menunjukkan bahan ajar sangat layak untuk
digunakan, (4) Tanggapan siswa terhadap bahan ajar bahasa Inggris yang telah dikembangkan diperoleh rata-rata
3,79 menunjukkan bahan ajar sangat layak untuk dipergunakan.

Downloads

Published

2019-01-31