ANALISISMODEL PEMBELAJARANTERHADAPCARA MENGAJAR GURU UNTUK MENINGKATKANMINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Nurjannah STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Agus Kistian STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Ida Cahyana STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.209

Keywords:

Rendahnya Minat Belajar, Penggolongan Hewan, Deskriptif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran
terhadap cara mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa pada
materi penggolongan hewan di kelas V SD Negeri Pante Cermin. Rumusan
masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana analisis model pembelajaran
terhadap cara mengajar guru untuk meningkatkan minat belajar siswa. Masalah
yang terjadi pada saat melakukan penelitian ialah guru tidak menggunakan
model ajar dikarenakan siswa terfokus pada media ajar bukan pada materi
ajarnya, siswa juga memilki minat belajar yang rendah mengakibatkan siswa tidak
focus belajar.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Deskriptif.Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah
Guru dan siswa kelas V SD Negeri Pante Cermin Tahun pelajaran 2018/2019.
Siswa-siswi kelas V sebanyak 30 orang, laki-laki berjumlah 17 orang dan
perempuan berjumlah 13 orang.Objek penelitian ini adalah model-model
pembelajaran.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi,
Wawancara, Angket dan Dokumentasi.Dan teknik analisa data yang digunakan
adalah skala Guttman. Hasil dari penelitian ini adalah Rendahnya Minat Belajar
Siswa dikarenakan guru tidak menerapkan model ajar ketika pembelajaran
berlangsung khususnya pada saat belajar materi tentang penggolongan hewan,
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru jarang menerapkan model ajar
pada saat proses pembelajaran mengakibatkan beberapa siswa yang memiliki
minat belajar yang kurang di kelas V SD Negeri Pante Cermin

Downloads

Published

2021-07-31