IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM

Authors

  • Palah UIN Sunan Gunung Djati Bandung;
  • 2Ayub Ahmad FA UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Uus Ruswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bambang Samsul Arifin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.208

Keywords:

Pembelajaran;pendidikan agama islam; perguruan tinggi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendalami tentang pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yaitu dengan menganalisis
sumber rujukan, data dan fakta serta berbagai literatur yang berkaitan dengan
penelitian ini. Hasil dari penelitian, meliputi: Pertama, Peningkatan kualitas
pembelajaran pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi sangat besar perannya
dalam konteks pembangunan manusia.. Kedua, Program pendidikan agama Islam
didorong untuk mampu mengembangkan keimanan dan ketakwaan mahasiswa
sebagai calon ilmuwan dan tenaga profesional. Ketiga, Tingkat pencapaian mahasiswa
diarahkan pada tiga domain yaitu: dari segi kognitif, seharusnya pendidikan agama
Islam telah memasuki tingkat analisis, sintesis, dan evaluasi. Dari segi afektif
seharusnya telah sampai pada tingkat valuing, organizing, characteristic. Dan dari segi
psikomotorik seharusnya telah sampai pada tingkat precision, articulation,
naturalization. Keempat, langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam
meliputi: menentukan tujuan, mempelajari karakteristik peserta didik, menentukan
proses pembelajaran, dan cara memotivasi, memilih dan melaksanakan pengajaran,
dan melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran.

Downloads

Published

2021-07-31