EFEKTIFITAS METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTIM REPRODUKSI VEGETATIF BUATAN

Authors

  • Gardis Andari Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Musamus
  • Adrianus Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Musamus
  • Novike Bela Sumanik Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i2.207

Keywords:

Metode, Eksperimen, Biologi

Abstract

Penelitian tentang Penggunaan Metode Eksperimen pada Pem6elajaran Materi sistim
reproduksi vegetative buatan pada tumbuhan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar
pesertadidik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan metode
pembelajaran eksperimen pada materi sistim reproduksi vegetative buatan pada tumbuhan.
Subyek Penelitian ini yaitu mahasiswa semester 1 tahun ajaran 2019/2020 Jurusan
Peternakan Universitas Musamus dengan jumlah pesertadidik sebanyak 33 pesertadidik
Rentang nilai lulusan menurut Jurusan Peternakan Universitas Musamus adalah sebagai
berikut 80 – 100 = A, 70-79 = B, 60-69 = C. 50-59 = D. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan terhadap Jumlah persentase ketuntasan belajar pesertadidik
yaitu dari 45% meningkat menjadi 85% dan jumlah presentase pesertadidik yang tidak
tuntas berkurang dari 55% menjadi 15%. Nilai rata-rata pesertadidik juga mengalami
peningkatan dari 48,40 meningkat menjadi 72,5. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu
bahwa metode pembelajaran eksperimen efektif digunakan terhadap hasil belajar biologi
khususnya pada materi sistim reproduksi vegetative buatan pada tumbuhan mahasiswa
smster satu jurusan peternakan universitas musamus

Downloads

Published

2021-07-31