KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI PAUD
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.199Keywords:
:Kompetensi Pedagogik, Guru, PAUDAbstract
salah satu faktor yang mempengaruhi pendidikan anak di PAUD yaitu kompetensi pedagogik guru.
Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi
pedagogik guru di PAUD. Subjek Penelitian ini adalah guru PAUD di Banda Aceh berjumlah 50 orang.
Teknik pengumpulan data berupa angket kompetensi pedagogik. Teknik analisis data dilakukan secara
deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk indikator perencanaan yaitu penyusunan perangkat
kurikulum, merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi anak, serta mengumpulkan informasi/bacaan
terkait tema dan subtema masing-masing dengan tingkat keyakinan guru tertinggi berada pada kategori
sangat yakin berturut-turut sebesar 92%, 64%, dan 80%. Selanjutnya, indikator pelaksanaan pembelajaran
yaitu kesesuaian proses pembelajaran dengan RPPH dan Prinsip PAUD memiliki tingkat keyakinan guru
yang tertinggi pada kategori sangat yakin berturut-turut sebesar 86% dan 94%, sedangkan ketercapaiannya
tujuan pembelajaran untuk tingkat keyakinan guru tertinggi berada pada kategori yakin sebesar 60%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru di PAUD sudah memadai. Hal ini ditandai
dengan guru menyusun perangkat kurikulum (Prosem, RPM, RPPH), merancang pembelajaran yang
menyenangkan bagi anak, mengumpulkan informasi/bacaan terkait tema dan subtema, melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan RPPH yang telah disusun dan prinsip PAUD, serta tercapainya tujuan
pembelajaran berdasarkan RPPH yang telah disusun.