EFEKTIVITAS METODE TPR DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR KEPADA PARA NELAYAN DI DESA BLUKA TEUBAI KEC. DEWANTARA KAB. ACEH UTARA

Authors

  • Nurmainiati STKIP An-Nur Nangro Aceh Darussalam Banda Aceh
  • Fadhliatul Ghina STKIP An-Nur Nangro Aceh Darussalam Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.198

Keywords:

Efektivitas; Metode TPR; Bahasa Inggris Dasar; Para Nelayan

Abstract

Penelitian ini tentang efektivitas metode TPR dalam pengajaran bahasa Inggris Dasar kepada para
nelayan di desa Bluka Teubai Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan metode
Kuantitatif Deskriptif. Subjek penelitian adalah 20 orang nelayan yang berada di Desa Bluka Teubai.
Pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket, dan wawancara dan data dianalisa dengan
menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
nilai post-test lebih tinggi dari pada pre-test. Jadi thitung = 9.39 > ttabel = 1.73 sehingga H0 ditolak. Selanjutnya,
para nelayan memberikan respon positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris dasar dengan menggunakan
metode TPR. Dari angket bisa dilihat bahwa 75% dari mereka suka belajar bahasa inggris dengan
menggunakan metode tersebut, 50% dari mereka menyatakan mudah belajar bahasa Inggris dengan
menggunakan TPR, 60% dari nelayan menyebutkan sulit pengucapan kosakata dalam bahasa Inggris, 65%
dari mereka mengatakan sulit membaca dalam bahasa Inggris, 60% dari nelayan menyebutkan sangat sulit
mendengar kosakata dalam bahasa Inggris, tetapi 70% dari para nelayan menyebutkan bahwa metode TPR
membantu mereka dalam mempelajari bahasa Inggris, 55% dari mereka mengatakan metode TPR dapat
meningkatkan bahasa Inggris mereka, 50% dari mereka sungguh ingin untuk mempertajam kemampuan
bahasa Inggris mereka, 70% mengatakan bahwa penelitian ini sangat bermanfaat bagi mereka, dan 55%
mereka menjadi lebih percaya diri ketika melaut karena mampu menguasai bahasa Inggris. Berdasarkan hasil
wawancara, di dapatkan faktor yang dihadapi nelayan dalam mempelajari bahasa Inggris dasar; Pengucapan,
menulis, membaca, mendengar, berbicara, menghafal, kurangnya berinteraksi, susah dalam membuat
kalimat, kurang kesadaran dan motivasi dalam mempelajari bahasa Inggris.

Downloads

Published

2021-01-29