PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 114344 BLOK III TANJUNG PASIR TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Loren Sarima Sitorus Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Janson Silaban Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.196

Keywords:

Pendidikan Karakter, dan Hasil Belajar

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar
siswa kelas IV di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pendekatan yang
digunakan adalah kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di
SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir yang berjumlah 40 siswa. Sampelnya kelas IV SD berjumlah 40 siswa
dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dan uji
hipotesis dengan menggunakan bantuan Statistic Program For Social Science (SPSS) versi 22.0. dari hasil penelitian
yang telah ditemukan dapat disimpulkan : pendidikan karakter memiliki rata-rata 83,82 dengan kategori sangat
tinggi, hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 68,97 dengan kategori kurang. Dengan menggunakan uji-t
diperoleh nilai thitung sebesar 2,104 dan ttabel sebesar 1,683 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal
ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa
kelas IV di SD Negeri 114344 Blok III Tanjung Pasir Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Downloads

Published

2021-01-29