PENGEMBANGAN “MIE KEBAB” MEDIA INTERAKTIF ELEKTRONIK KEBERAGAMAN KEBANGSAAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA BINJAI

Authors

  • Nurlia Ginting Universitas Quality
  • Gihari Eko Prasetyo Universitas Quality

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.194

Keywords:

Media Interaktif, Keberagaman Kebangsaan, Keterampilan Sosial

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar
siswa Media merupakan salah satu bentuk alat bantu yang digunakan untuk meningkatkan dan memudahkan
kinerja. Tuntutan terhadap kemajuan teknologi mengharuskan adanya pengembangan. Media memiliki peran
yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Guru sepantasnya harus mampu menciptakan inovasiinovasi baru yang kreatif demi terciptanya pembelajaran yang aktif dan menarik yang salah satunya adalah
media pembelajaran. Dilain sisi fenomena tersebut juga akan mempengaruhi perkembangan sikap (Afektif)
siswa, untuk membentengi hal tersebut siswa harus memiliki Keterampilan sosial (social skills). Keterampilan
sosial merupakan keterampilan (kecakapan) yang perlu dimiliki oleh setiap orang karena keterampilan ini
merupakan bagian dari kecakapan hidup (life skills).
Kecakapan hidup dapat menuntun seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan sosialnya
dimasyarakat. Banyak sekali kasus-kasus yang terjadi di masyarakat karena para anggotanya tidak memiliki
kecakapan hidup. Dewasa ini sering terjadi kasus kekerasan, bentrokan antar warga, tawuran antar pelajar,
bullying, penggunaan obat-obat terlarang, keterampilan social hendaknya di ajarkan dalam proses pembelajaran
melaui materi Keberagaman Kebangsaan. Model yang diterapkan pada penelitian ini adalah penelitian
Pengembangan yang mengadaptasi tahapan-tahapan dari Four- D model, yaitu: tahap I pendefinisian (define),
tahap II perancangan (design), tahap III pengembangan (develop), dan tahap IV penyebarluasan (disseminate).
Pengembangan media interaktif elektronik keberagaman dan kebangasaan menggunakan model 4- akan
menghasilkan produk berupa CD pembelajaran yang valid untuk diterapkan dalam proses pembelajaran
disekolah. Sehingga apa yang menjadi hambatan dan keterbatasan pendidik menjelaskan pertumbuhan
tumbuhan dapat di ajarkan secara efektif dan menyeluruh.

Downloads

Published

2021-01-29