DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMIC COVID 19

Authors

  • Rahma Pendidikan Fisika, Universitas Almuslim
  • Nanda Safarati Pendidikan Fisika, Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.191

Keywords:

pembelajaran daring, motivasi, dampak covid

Abstract

: Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan gangguan
proses pembelajaran secara konvensional selama pademi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
secara detail bagaimana kondisi objektif motivasi yang dialami mahasiswa dalam pembelajaran daring pada
masa pandemic Covid-19. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan melibatkan 20
mahasiswa pada program studi Pendidikan Fisika Universitas Almuslim. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik survey dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa
dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa sangat baik, hal itu
didapatkan dari skor presentase motivasi tersebut yang berjumlah 83.22 %. Dapat disimpulakan pembelajaran
daring mampu meningkatkan motivasi dan minat, kemandirian belajar, keberanian mengemukakan gagasan dan
pertanyaan

Downloads

Published

2021-01-29