PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SD SWASTA HARVAD MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.190Keywords:
Model Pembelajaran Tipe STAD, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD SWASTA
HARVAD Medan pada bulan April. Subyek penelitian ini berjumlah 66 siswa. Metode penelitian ini adalah metode
eksperimen True Eksperimental Design yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal pilihan berganda. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji âtâ. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe stad termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 81,5 , sedangkan
hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran termasuk dalam kategori cukup 64,66. Selanjutnya, pengujian
hipotesis menunjukkan thitung adalah 9,543 kemudian di konsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikan
dengan df 30 adalah 2,042. Oleh karena itu thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 9,543>2,042 maka
terbukti bahwa hipotesis nihil atau (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka, dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran kooperatif tipe stad berpengaruh signifikansi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD
SWASTA HARVAD Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Dengan demikian, model pembelajaran ini tepat
digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mempengaruhi hasil belajar lebih baik