PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Alvira Dwi Utami Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nana Hendracipta Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • A. Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.187

Keywords:

Modul IPA Berbasis Pendekatan Scientific, Kelas IV SD.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ipa berbasis pendekatan
scientific untuk pembelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV Sekolah Dasar yang
dikembangkan mendapat penilaian yang layak dari pakar terhadap minat belajar siswa pada tema 3
peduli terhadap makhluk hidup. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 dengan subjek penelitian
siswa kelas IV-C sejumlah 44 siswa dengan rincian 30 siswa pada uji coba terbatas. Jenis penelitian
ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari 6
tahap yaitu analisis masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan
uji coba produk .Instrumen yang digunakan berupa lembaran angket untuk validasi media oleh
dosen dan lembaran angket siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kualitas modul ipa
berbasis pendekatan scientific yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dengan
persentase 87% dari ahli media, kategori sangat layak dengan persentase 84% dari 2 ahli 2 materi,
dan 80% dari ahli bahasa. Respon siswa terhadap modul ipa berbasis pendekatan scientific pada
uji coba dengan 30 responden sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Dan minat belajar siswa
dengan penggunaan modul ipa berbasis pendekatan scientific dapat dikatakan siswa sangat minat
belajar dengan penggunaan modul dengan persentase 96% dengan kategori baik

Downloads

Published

2021-01-29