PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD INPRES KASSI-KASSI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Hamna Universitas Madako Tolitoli
  • Muh. Khaerul Ummah BK Universitas Madako Tolitoli

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.186

Keywords:

: Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh pelaksanaan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap
hasil belajar matematika siswa yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif quasi experimental
design dengan model desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang diamati dalam penelitian ini
berjumlah 57 orang siswa yang diambil dari kelas VA dan VB SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar.
Sedangkan, sampelnya berjumlah 50 orang siswa yang ditetapkan secara purposive sampling. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika
siswa kelas V SD Inpres Kassi-Kassi Kota Makassar dilaksanakan melalui sembilan tahapan pembelajaran dan
terlaksana dengan baik sebab dalam prosesnya terjadi peningkatan proses pembelajaran secara berkelanjutan
pada pertemuan I sampai pada pertemuan IV; 2) Hasil belajar matematika siswa sebelum diajar melalui
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw maupun yang belum diajar dengan cara pembelajaran
lainnya masing-masing mencapai kualifikasi penilaian yang tidak memuaskan. Sementara hasil belajar siswa
setelah diajar melalui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan hasil
belajar dengan kualifikasi sangat memuaskan. Begitupula hasil belajar matematika siswa setelah diajar dengan
cara pembelajaran lainnya juga mengalami peningkatan hasil belajar, namun peningkatan hasil belajarnya
berada pada kualifikasi kurang memuaskan; 3) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres KassiKassi Kota Makassar

Downloads

Published

2021-01-29