EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KRUENG ITAM KABUPATEN NAGAN RAYA

Authors

  • Nanang Riyandi STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Khausar STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Arief Aulia Rahman STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.185

Keywords:

Efektifitas, Hasil Belajar IPA, Student Facilitator And Explaining (SFAE).

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Student
Facilitator And Explaining (SFAE) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Krueng Itam Kabupaten
Nagan Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif melalui pendekatan
kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Krueng Itam yang berjumlah 20
orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa setelah penerapan model
pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) adalah 85% atau 17 siswa yang sudah tuntas, sedangkan
yang tidak tuntas hanya ada 3 siswa atau 15% dengan nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 77,25. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE)
efektif terhadap hasil belajar IPA khususnya pada tema organ gerak hewan dan manusia di Kelas V SD Negeri
Krueng Itam kabupaten Nagan Raya.

Downloads

Published

2021-01-29