MENGUNGKAP KEARIFAN LOKAL BUDAYA DAN MATEMATIKA PADA AKTIVITAS HANACARAKA MASYARAKAT CIDIKIT

Authors

  • Masnur Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sukirwan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indhira Asih V.Y Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.184

Keywords:

Budaya, Etnomatematika, Matematika, Hanacaraka

Abstract

Penelitian ini bertujuan menunjukan saling keterkaitan antara matematika dengan budaya. Selama
ini banyak orang beranggapan bahwa tidak adanya keterkaitan antara matematika dengan budaya, anggapan
tersebut perlu adanya klarifikasi atau pembuktian pada penelitian ini. sebuah studi yang mengkaji ide atau
mempelajari matematika dalam aktivitas dikenal dengan ethomatematics. Penelitian ini dilakukan di desa
Cidikit kecamatan Bayah kabupaten Lebak-Banten. Fokuf aktivitas budaya yang diteliti adalah budaya
hanacaraka yang ada di desa Cidikit. Tujuannya adalah mengungkap ide-ide matematis yang terdapat pada
hanacaraka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil temuannya bahwa pada hanacaraka terdapat konsep matematis pembagian, algoritma
pembagian, dan modulo

Downloads

Published

2021-01-29