MENGUNGKAP KEARIFAN LOKAL BUDAYA DAN MATEMATIKA PADA AKTIVITAS HANACARAKA MASYARAKAT CIDIKIT
DOI:
https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.184Keywords:
Budaya, Etnomatematika, Matematika, HanacarakaAbstract
Penelitian ini bertujuan menunjukan saling keterkaitan antara matematika dengan budaya. Selama
ini banyak orang beranggapan bahwa tidak adanya keterkaitan antara matematika dengan budaya, anggapan
tersebut perlu adanya klarifikasi atau pembuktian pada penelitian ini. sebuah studi yang mengkaji ide atau
mempelajari matematika dalam aktivitas dikenal dengan ethomatematics. Penelitian ini dilakukan di desa
Cidikit kecamatan Bayah kabupaten Lebak-Banten. Fokuf aktivitas budaya yang diteliti adalah budaya
hanacaraka yang ada di desa Cidikit. Tujuannya adalah mengungkap ide-ide matematis yang terdapat pada
hanacaraka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil temuannya bahwa pada hanacaraka terdapat konsep matematis pembagian, algoritma
pembagian, dan modulo