LOVING NOT LABELLING : DAMPAK NEGATIF LABELLING TERHADAP PERKEMBANGAN BAKAT DAN KREATIF ANAK

Authors

  • Ani Lestari 1UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Khairul Huda UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v12i1.183

Keywords:

Labelling, Perkembangan Bakat dan Kreatif

Abstract

Labelling merupakan pemberian cap atau julukan dengan mendiagnosis seseorang yang
memiliki gejala-gejala perilaku tertentu dalam suatu mayarakat. Pemberian label biasanya
didapatkan dari interaksi sosial. Labelling seringkali terjadi dalam keluarga ketika anak melakukan
hal yang tidak dikehendaki orang tuanya. Labelling dapat berdampak pada konsep diri anak
sehingga anak menjadi berperilaku seperti label yang diberikan kepadanya. Tulisan ini bertujuan
untuk mengkaji teori labelling dan dampak negatif dari labelling bagi perkembangan bakat dan
kreatif anak. Penelitian ini dianalisis melalui pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library
research yang sumber datanya diperoleh dari buku, jurnal-jurnal, artikel berita, makalah ilmiah,
internet dan media sosial.Temuan penelitian menggambarkan bahwa labelling bisa menghambat
perkembangan bakat dan kreatif anak. Dampak negatif dari efek labelling diantaranya dapat
mengekang konsep diri anak, membatasi minat anak, dan menghambat cara orang lain
memperlakukan anak.

Downloads

Published

2021-01-29