PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH DENGAN TEKNIK ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI TRANS MUARA MEGANG

Authors

  • A.Ridwan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Eka Lokaria Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia
  • R.Angga Bagus Kusnanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.140

Keywords:

Pengembangan, 4D, Adobe Flash, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran Adobe Flash dengan teknik Ice Breaking pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Trans Muara Megang serta untuk menghasilkan media pembelajran yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Berdasarkan hasil analisis validasi oleh 3 validator menunjukan bahwa media Adobe Flashmemenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 3,4. Sedangkan hasil analisis penilaiaan lembar kepraktisan guru dan siswa yang terdiri dari one to one dan small group diperoleh bahwa media adobe flash telah memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 3,03 sehingga dapat disimpulkan bahwa media Adobe Flashmemenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam proses belajar.

Downloads

Published

2022-07-11