PENGARUH PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 9 PADANG

Authors

  • Rilung Dira Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Bung Hatta Padang Indonesia
  • M Nursi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Bung Hatta Padang Indonesia
  • Pebriyenni Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Bung Hatta Padang Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.137

Keywords:

Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan, Disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn terhadap pengembangan karakter disiplin siswa SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket/kuisoner, wawancara serta dokumentasi kepada informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn terhadap pengembangan karakter disiplin siswa. Teknik analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini 282 orang siswa SMA Negeri 9 Padang Kelas XI, dengan sampel 15% dari populasi yaitu 42 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam mengembangkan karakter disiplin siswa SMAN 9 Padang. Hal ini terlihat dari hasil hipotesis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS dan menunjukkan Thitung > Ttabel, dengan nilai Thitung sebesar 11,484 dan nilai Ttabel sebesar 1,684 pada taraf nyata signifikan 0,05. Nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,363 dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,131 hal ini berarti bahwa pengaruh pelaksanaan pembelajaran PPKn dalam mengembangkan karakter disiplin siswa SMA Negeri 9 Padang sebesar 13,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PPKn berpengaruh terhadap pengembangan karakter disiplin siswa SMA Negeri 9 Padang.

Downloads

Published

2022-07-11