PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III

Authors

  • Tyas Indah Rohmadillah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Danang Prastyo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Susi Hermin Rusminati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.117

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis HOTS

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis, tetapi masih banyak terdapat peserta didik mengalami kesulitan dalam memecahkan sebuah permasalahan. Masih terdapat peserta didik yang masih kurang aktif dan berpikir kritis. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diberikan sebuah perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. Penelitian ini menggunakan cluster sampling. Sampel yang diambil adalah kelas III A sebagai kelas eksperimen, dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Masing-masing jumlah peserta didik di kelas III A dan III B memiliki jumlah yang sama sebanyak 23 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan tes berupa soal tes uraian Dari hasil data yang telah diperoleh pada hipotesis uji-t independent samples test memperoleh hasil Sig.(2-tailed) Sig ,000 ≤ ,05 dapat disimpulkan bahwa penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh pada hasil belajar peserta didik

Downloads

Published

2022-07-11