PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 08 LUBUKLINGGAU

Authors

  • Ririn Anjelinda Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Novianti Mandasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Armi Yuneti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari, Sumatera Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.113

Keywords:

Pengembangan, Media Board Game, Pembelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media Board Game dilihat dari segi valid dan praktis pada pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 08 Lubuklinggau. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D, dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket. Teknik analasis data yaitu analisis kevalidan dan kepraktisan. Data kevalidan dianalisis dengan menggunakan rumus V = dengan hasil 0,80 yang termasuk kategori tinggi. Data kepraktisan dianalisis dengan menggunakan rumus dengan hasil 83% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Board Game dapat dinyatakan valid dan praktis dalam segi kegunaannya pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 08 Lubuklinggau.

Downloads

Published

2022-07-11