MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI KELAS XI SMA AL-HIDAYAH MEDAN

Authors

  • Ahmad Rahmatika Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.108

Keywords:

Komunikasi, Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think, Talk and Write)

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan dewasa ini lebih cenderung pada pencapaian materi atau sesuai buku wajib yang berorientasi pada soal-soal ujian nasional tanpa memperhatikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Bahkan kadang kala orientasinya lebih ditekankan pada upaya untuk mengantisipasi ujian-ujian selajutnya, hal ini mengakibatkan banyak siswa yang hanya menghafal konsep, tanpa memahami konsep tersebut. Hal ini juga yang menyebabkan rendahnya komunikasi, sehingga para peserta didik tidak memahami rumus yang telah disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan software Geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan alat analisis spss. Hasil yang didapatkan bahwa model pembelajaran TTW berbantuan geogebra dan model pembelajaran biasa diperoleh Fhitung = 10,665 > Ftabel = 3,140 dan dengan sig = 0.002. Karena taraf sig lebih kecil dari 0.05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan software Geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Downloads

Published

2022-07-11