UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH MELALUI PENGGUNAAN METODE RESITASI KELAS IV DI MIN 16 ACEH BARAT

Authors

  • Rosmanidar Pendidikan Bahasa Inggris, STAIN Teuku Dirundeng Meulaboh
  • Tb. Endayani Pendidikan Bahasa Inggris, STAIN Teuku Dirundeng Meulaboh
  • Putri Rahmawati Pendidikan Bahasa Inggris, STAIN Teuku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.103

Keywords:

Prestasi Belajar, Pembelajaran Fiqih, Metode Resitasi.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode resitasi dalam pembelajaran Fiqih di kelas IV MIN 16 Aceh Barat dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode resitasi dalam meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran Fiqih di kelas IV MIN 16 Aceh Barat. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan pelaksanaan metode resitasi dalam penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk 2 siklus berulang yang di dalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan; yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penggunaan metode resitasi sangat efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi salat fardu di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 16 Aceh Barat. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase prestasi belajar siswa pada tiap siklusnya. Dengan menggunakan beberapa tahapan siklus yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada pra siklus dari 27 siswa terdapat 5 siswa yang tuntas atau (18,51%) dan 22 siswa tidak tuntas (81,49%), sedangkan pada siklus I dari 27 siswa terdapat 9 siswa yang tuntas atau (33,33%) dan 18 siswa yang tidak tuntas (66,67%). Selanjutnya pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang sangat signifikan, dari 27 siswa terdapat 26 siswa yang tuntas atau (96,30%) dan hanya 1 siswa yang tidak tuntas (03,70%).

Downloads

Published

2022-07-11