PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMP

Authors

  • Josua Pasaribu Progam Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan
  • Edi Syahputra Progam Studi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.61290/gm.v13i2.102

Keywords:

Perangkat pembelajaran interaktif, pengembangan perangkat pembelajaran, pembelajaran matematika realistik, kemampuan spasial.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran interaktif berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang valid, praktis dan efektif; (2) melihat dan mendeskripsikan kevalidan, keefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran interaktif berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan untuk dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa SMP; dan (3) melihat dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan spasial siswa SMP yang diajar menggunakan perangkat pembelajaran interaktif berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dikembangkan. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 SMPN 27 Medan. Objek penelitian ini adalah pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen Tes Kemampuan Spasial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes kemampuan spasail, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksaan pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran interaktif berbasis pendekatan pembelajaran matematika realistic untuk meningkatkan kemampuan spasial dapat disimpulkan pada: (i) validitas RPP sebesar 4,25 dengan kategori valid, validitas LKPD sebesar 4,18 dengan kategori valid, dan validitas tes dinyatakan valid setelah dilakukan revisi kecil. (ii) efektivitas perangkat pembelajaran dikatakan efektif, (iii) praktisitas perangkat pembelajaran adalah dilihat dari kemampuan pengelolaan pembelajaran (2) Terdapat peningkatan kemampuan spasial siswa dari uji coba I ke uji coba II yang dinilai dari pre-test dan post-test.

Downloads

Published

2022-07-11