PENGARUH KESIAPAN BELAJAR MANDIRI DAN SELFEFFICACY MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i2.88Keywords:
Hasil Belajar; Kesiapan Belajar Mandiri; Self-EfficacyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kesiapan belajar mandiri terhadap hasil
belajar mahasiswa; (2) Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar mahasiswa; dan (3) Pengaruh kesiapan
belajar mandiri dan self-efficacy mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini
merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa
Program Studi PGSD semester I di Padangsidimpuan yang berjumlah 30 orang. Tehnik pengumpulan data
variabel kesiapan belajar mandiri dan self-efficacy mahasiswa menggunakan angket, sementara variabel hasil
belajar menggunakan dokumentasi nilai akhir semester. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F melalui
analisis regresi, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji
multikolonieritas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar mandiri
mahasiswa terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,686; (2) terdapat pengaruh
signifikan self-efficcay mahasiswa terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,367; (3)
terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar mandiri dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap hasil
belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,712 dan koefisien determinan sebesar 50,7%.