UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV MIS MT AZ – ZAKY MEDAN

Authors

  • Amir Danis STKIP Pangeran Antasari
  • Dwi Lestari STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v9i1.34

Keywords:

Metode pembelajaran, TGT, Hasil Belajar IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa pada materi Siklus Hidup. Penelitian ini dilaksanakan di MIS Modern Terpadu Az-Zaky pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah hasil tes belajar IPA dan lembar observasi KBM siswa dan guru. Metode penelitian menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam tindakan kelas yang telah dilaksanakan bahwa dari 30 siswa yang mengikuti tes awal (sebelum tindakan) siswa yang dikatakan tuntas sebanyak 12 siswa (40%) dengan nilai rata-rata 63,63. Pada tes II (setelah tindakan siklus I) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (60%) dengan nilai rata-rata perolehan 70,93. Sedangkan pada tes III (setelah tindakan siklus II) juga mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (90%) dengan nilai rata-rata 84. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV materi Siklus Hidup Hewan.

Downloads

Published

2022-03-07