PENGARUH PERMAINAN PLAYDOUGH TERHADAP KREATIVITAS ANAK PAUD HARSYA CERIA BANDA ACEH
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang permainan playdough terhadap krativitas anak usia dini yang bahwasannya anak merupakan individu yang unik, tidak ada dua anak yang sama persis sekalipun mereka kembar siam. Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh setiap orang dengan tingkat yang berbeda-beda. Karena setiap orang terlahir dengan potensi kreatif dan potensi ini dapat dikembangkan dipupuk dan diarahkan karena yang lebih baik bagi anak agar tidak hilang begitu juga, salah satu permainan yang dapat memancing kreativitas anak usia dini adalah permainan playdough yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif serta melatih originalitas dalam berkarya. Kreatif bisa diartikan giat bekerja, rajin berikhtiar, rajin belajar mencari penemuan baru yang bermanfaat bagi orang lain, masyarakat, bangsa dan negara.
Kata-kata kunci: Permainan Playdough, Kreativitas Anak
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ayu, S. M., & Junaidah, J. (2019). Pengembangan Akhlak pada Pendidikan Anak Usia Dini. AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i2.3092
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Endang Widi Winarni. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. In Bumi Aksara.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05
Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). KAJIAN BIBLIKA MENGENAI PENDIDIKAN ANAK DAN HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12
Imanulloh, H. (2020). Penelitian Deskriptif Kualitatif. In www.tripven.com.
mulyana aina. (2020). Pengertian inat Dan Minat Belajar Siswa. Blogspot.Com.
Putri, D. A. W. M. (2014). Gestalt Play Therapy Untuk Menangani Masalah Penyesuaian Sosial : Studi Kasus Pada Siswa Taman Kanak-kanak. Seminar Nasional Riset Inovatif II.
Putri, E. D. A., Wahyuno, E., Susilawati, S. Y., & Ummah, U. S. (2021). Keefektifan Permainan Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Autis. Jurnal ORTOPEDAGOGIA. https://doi.org/10.17977/um031v7i22021p97-104
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK. In Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak TK.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. In Bandung: CV Alfabeta.
Takahopekan. (2020). Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Pasir Ajaib. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif).
Usman, U., & Fiana, W. (2020). Penerapan Permainan Playdough Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Smart PAUD. https://doi.org/10.36709/jspaud.v3i1.10206
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.