IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VI SDI WOLOWONA 2 KABUPATEN ENDE
Abstract
Abstrak: Pembelajaran PPKN di SDI Wolowona 2 khususnya pada kelas VI sebagian besar masih menggunakan metode konvensional. Ceramah, penugasan dan latihan-latihan dari guru masih mendominasi pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang melibatkan aktivitas bersifat jarang dilakukan. Guru masih menjadi sentral dalam menginformasikan fakta dan konsep melalui metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKN di kelas VI SDI Wolowona 2 Kabupaten Ende. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 10 siswa terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKN di kelas VI. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai siklus I dan siklus II yang meningkat dari 61,5 menjadi 67,5 pada siklus I dan 79 pada siklus II.
Kata kunci: Model kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar PPKN
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara
Barnawi & Arifin, M. 2012. Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Gatot, Muhsetyo, Drs. M.Sc, dkk, 2007, Pembelajaran PKN, Jakarta, UniversitasTerbuka.
Hertiavi, M. A. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Penelitian. Tersedia: http//:www. Scholar.google.co.id (akses: 23 Maret 2019)
Huda, M. 2012. Cooperatif Learning metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta
Supriadi, O. 2013. Profesi Kependidikan Cetakan III. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya:
Kencana Prenada Media Group
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.