PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS X TATA BOGA DI SMK NEGERI 3 PAYAKUMBUH

Hidayatul Atikah, Sumarni Sumarni, Pebriyenni Pebriyenni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Blended learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di kelas X Tata Boga SMK Negeri 3 Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis pretest dan posttest control group design. Dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal penelitan untuk melihat adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 143 orang peserta didik kelas X Tata Boga SMK Negeri 3 Payakumbuh. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 72 orang peserta didik yaitu kelas X Tata Boga.1 dan X Tata Boga.3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kelas Eksperimen mengalami peningkatan 10 dan untuk kelas kontrol mengalami peningkatan 10,08 dari perolehan hasil posttest. (2) Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yaitu 80,00. (3) Hasil belajar PPKn peserta didik pada kelas kontrol  menunjukkan nilai rata-rata yaitu 78,97. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t statitstik menunjukkan  Thitung > Ttabel dengan nilai Thitung 2,5263 dan nilai Ttabel sebesar 1,6641, pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas X Tata Boga, dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran terlaksana sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Blended learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Ha di terima.

 

Kata-kata kunci: Blended Learning, Hasil Belajar PPKn, Pretest and Posttest Control Group Design.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855-866.

Atikah, H. (2022). Model Blended learning Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 Payakumbuh. JURNAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 2-2

Bidari, A. S., & Nurviana, R. (2020). Stimulus ekonomi sektor perbankan dalam menghadapi pandemi coronavirus disease 2019 di Indonesia. Legal Standing: Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 297-305.

Budimansya,Dasim & Theodorus, Panglila (2022). Social Studies Education In South East Asian Contexts.

Febriyana, V. (2022). Kajian Blended learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 205-216.

Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Mimbar Ilmu, 25(3), 401-410.

Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83-94.

Ikhtiarti,dkk (2019). Membangun Generasi Muda Smart And Chitizenship Melalui Pembelajaran PPKn Menghadapi Tantangan Revolusi Industri. LPMM UNILA Institutional Repository. Universitas Lampung.

Jordan (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Blended learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer. IKIP PGRI PONTIANAK.

Kiranawati (2016). Pengaruh Penerapan Blended learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 11 Bandung. Jurnal Pendidikan Akuntansi &Keuangan. Vol. 4 No. 1 Januari- Juni 2016.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang, 2(3), 418-430.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan model blended learning dalam peningkatan hasil belajar menggambar objek 2 dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145-152.

Achmad, I. A., Tanjung, H. S., & Nay, F. A. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Politik Sebagai Program Pendidikan Nonformal Study Kasus Di Partai Keadilan Sejahtera. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 1(1), 27-38.

Tanjung, D., Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) Di SD JORING LOMBANG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 125-134.

Nababana, S. A., & Tanjung, H. S. (2022, November). Pelatihan Guru dalam Mengembangan Soal Model Asesmen High Order Thinking Skills (HOTS). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 5).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2).

Sakillah, K., Hemafitria, H., & Rianto, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Blended learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKR SMK Putra Khatulistiwa Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 116-127.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Sari, S. N., & Haryono, H. (2021). Dampak Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(1), 51-58.

Siallagan, A. R. H. (2019). Studi kepustakaan mengenai blended learning sebagai inovasi model pembelajaran di era 21.

Sitorus, M. D. (2018). Pengaruh Model Blended learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Alfabeta

Sulisworo, Ummah, Nursholikih & Rahardjo (2020). The Analysis of The Critical Thingking Skill Between Blended learning Implementation: Google Classroom and Schoology. Universal Jurnal Of Education, 8 (3B), 33-40.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13-18.

Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159-164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.